"Berdasarkan data pertumbuhan search interest yang kami hitung selama 12 bulan ke belakang, kami menemukan beberapa poin menarik. Lazada dan Tokopedia berada di posisi puncak dan ada pertumbuhan yang konsisten dari Shopee," jelas tim riset iPrice berdasarkan data Google Trends.
Diketahui awalnya search interest antara Shopee dan Bukalapak besar. Namun di penghujung tahun 2017, Shopee berhasil menyalip Bukalapak.
"Sebagai salah satu pemain muda, kami melihat banyak upaya dari Shopee untuk memperkecil jarak dengan e-commerce lain yang sudah bermain lama di Indonesia. Mulai dari kampanye mobile shopping 10.10, penguatan pada komunitas penjualnya, dan strategi lainnya," sebut Tim Riset dari iPrice lagi.
Hal ini juga ditenggarai adanya kampanye mobile shopping 10.10 yang sukses menarik perhatian netizen terhadap Shopee selama 8-14 Oktober 2017.
Kendati demikian, secara umum kesemua e-commerce terdongkrak search interest-nya berkat kampanye Harbolnas 12.12 yang menjadi ajang tahunan e-commerce.
Bahkan terjadi lonjakan drastis pada Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Zalora. Hal itu tepat terjadi pada 12 Desember 2017 pada pukul 10.00-13.00. (ega/rou)